Entri Populer

Senin, 29 November 2010

Menguji Cara Kerja Telinga

Menguji  Cara Kerja Telinga



Bahan-bahan :
1.      Plastik wrap
2.      Beras
3.      Panci
4.      Toples plastik
5.      Pemukul

Cara Kerja :
1.      Tutup toples plastik dengan plastik wrap.
2.      Taburkan beras di atas plastik wrap.
3.      Arahkan belakang panci di atas plastik wrap, kemudian pukulah panci tersebut dengan pemukul! Lihat apa yang terjadi!





Kesimpulan :

Hasil dari percobaan di atas adalah suara dari panci akan menghasilkan getaran sehingga mengakibatkan beras di atas plastik wrap bergetar. 

Cara kerja indra pendengaran :
 
Gelombang bunyi yang masuk ke dalam telinga luar menggetarkan gendang telinga. Getaran ini akan diteruskan oleh ketiga tulang dengar ke jendela oval. Getaran Struktur koklea pada jendela oval diteruskan ke cairan limfa yang ada di dalam saluran vestibulum. Getaran cairan tadi akan menggerakkan membran Reissmer dan menggetarkan cairan limfa dalam saluran tengah. Perpindahan getaran cairan limfa di dalam saluran tengah menggerakkan membran basher yang dengan sendirinya akan menggetarkan cairan dalam saluran timpani. Perpindahan ini menyebabkan melebarnya membran pada jendela bundar. Getaran dengan frekuensi tertentu akan menggetarkan selaput-selaput basiler, yang akan menggerakkan sel-sel rambut ke atas dan ke bawah. Ketika rambut-rambut sel menyentuh membran tektorial, terjadilah rangsangan (impuls). Getaran membran tektorial dan membran basiler akan menekan sel sensori pada organ Korti dan kemudian menghasilkan impuls yang akan dikirim ke pusat pendengar di dalam otak melalui saraf pendengaran.




Christian Adi Wibowo Pale
Guru Sains - SD Bandung
facebook : mart_dejavu@yahoo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar